Cek Di Sini 5 Tips Futsal

Permainan futsal di Indonesia sudah sangat berkembang dan bahkan sudah membumi.  Permainan yang hanya 20 menit di masing-masing babak ini, disenangi oleh segala macam usia dari laki-laki dewasa, remaja sampai anak-anak senang bermain futsal. Tak ayal, banyak turnamen-turnamen futsal diselenggarakan untuk merebut sebuah trofi turnamen futsal. Baiknya, ketika Anda sedang menyiapkan pertandingan futsal bersama rekan, sahabat atau keluarga Anda. Disarankan Anda harus terlebih dulu mengetahui tips futsal agar permainan Anda maksimal dan berkembang. Alasannya, agar Anda tidak mengalami kebingungan saat bermain futsal.

Berikut 5 tips futsal yang harus Anda ketahui:

1. Sadar akan Posisi

Pemain futsal harus sangat mengetahui dimana dan kapan dia harus melakukan serangan balik atau bertahan ketika lawan menggedor. Kalau Anda tidak sadar akan posisi pos Anda di mana, itu akan merugikan tim Anda. Karena formasi yang baik, di sebuah pertandingan futsal adalah saling mengetahui posisi Anda di lapangan.  Jika di lapangan, Anda ingin menukar posisi dengan teman Anda, beri tahulah dia dengan cara menukar kode yang telah Anda tentukan sebelumnya. Ini akan menjadi strategi Anda nanti di hadapan lawan.

2. Pilih penyerang yang cepat

Posisi penyerang dalam permainan futsal. Sangatlah penting, karena sebagai penggedor lawan sekaligus sebagai lumbung gol sebuah tim. Pilihlah penyerang yang mempunyai kecepatan di atas rata-rata. Tidak perlu jangkung atau pendek. Yang pasti si penyerang harus mempunyai kegesitan. Tidak gampang ditebak arah permainannya. Karena permainan futsal butuh kecepatan dan akurasi yang pas saat mencetak gol.

3.

Bertahan di lima menit awal

Jika Anda suka dengan pola serangan balik. Pakailah formasi 2-1-2. Bertahanlah di lima menit awal pertandingan. Biarkan  lawan Anda lelah menyerang anda di saat menit-menit awal. Untuk pola seperti ini, Anda harus menggunakan penyerang yang juga kuat dalam bertahan dan menyerang. Tetaplah tenang ketika lawan menyerang Anda. Karena ini adalah strategi Anda di awal. Ketika ada kesempatan. Beri operan bola lambung dari kiper ke penyerang Anda.

4. Penguasaan Bola

Tim Anda harus lebih ulet mendapatkan bola. Jangan menunggu terlalu lama datangnya bola. Anda harus kejar dan melakukan penguasaan bola dengan baik. Lalu melakukan operan-operan yang cepat, akurat dari belakang ke depan. Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang efektif dalam menguasai bola dari lawan.

5.

Kerja tim

Kerja tim dalam permainan futsal menjadi elemen terpenting dan harus diterapkan oleh sebuah tim yang akan bertanding. Coretlah pemain yang tidak bisa meninggalkan egonya, atau seringnya bermain secara individu, sebagus apa pun permainannya. Tetap saja kerja tim antar posisilah yang terpenting. Hasil akhir bukan tujuan dari sebuah pertandingan. Yang penting Anda bersama tim  bisa menikmati permainan dengan kerja sama yang solid.

Fungsi tips futsal penting bagi Anda yang ingin bermain futsal secara efektif. Agar permainan Anda di lapangan menjadi solid, terarah, dan maksimal.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *