5 Rekomendasi Sepatu Futsal Nyaman dan Tips Memilihnya

Suka main futsal? Kalau begitu, Anda memerlukan sepatu futsal yang berkualitas sehingga bisa bermain dengan maksimal. Meskipun Anda memang tidak diwajibkan untuk menggunakan sepatu khusus untuk futsal jika hanya bermain kasual, tapi menggunakan sepatu yang sudah dirancang khusus untuk futsal akan membuat performa Anda meningkat dan kaki Anda lebih nyaman.

Jangan samakan sepatu untuk futsal dengan sepakbola meskipun konsepnya sama, demikian juga dengan sepatu lari biasa. Ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan tentang sepatu untuk futsal:

  • Sepatu ini dirancang khusus untuk lantai kayu yang keras seperti di gym maupun lapangan indoor, dan memiliki sol yang datar.
  • Sepatu ini lebih kuat, tahan lama, memiliki jahitan kuat, dan menggunakan kulit (asli/sintetis) di bagian atasnya.
  • Dirancang untuk menerima bola yang ditendang kencang.
  • Memiliki desain yang membuat Anda mampu mengontrol dan merasakan bola lebih baik.

Ketika Anda memilih sepatu futsal, ingatlah untuk selalu memulainya dengan tipe kaki Anda dahulu. Saat Anda tahu tipe kaki, barulah Anda memilih sepatu yang ukurannya pas, memberikan sedikit ruang di ujung jari, terbuat dari material yang terpilih, dan juga memiliki lebar yang membuat Anda nyaman. Beberapa sepatu untuk futsal didesain bagi yang mempunyai kaki lebar, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Bahan untuk upper body dari sepatu ini sendiri juga ada bermacam-macam. Saat ini, yang beredar di pasaran adalah 4 tipe berikut:

  • Kulit – sepatu dari kulit kambing atau sapi muda yang harganya paling mahal, tapi juga paling nyaman di kaki dan natural. Hanya saja, sepatu ini daya tahannya rendah dan cepat aus.
  • Kulit sintetis – lebih murah, sama nyamannya dengan kulit, lebih tahan lama, dan juga tahan air.
  • Sintetis – kombinasi antara polyurethane serta kulit sintetis. Kuat dan tahan lama, tapi kurang fleksibel.
  • Mesh – inovasi baru yang menggunakan panel mesh, membuat sepatu lebih murah dan bobot menjadi lebih ringan.

Sudah mendapatkan gambaran apa sepatu untuk futsal yang cocok dengan Anda? Berikut ini adalah beberapa pilihan sepatu dari berbagai merk yang bisa Anda pilih:

1.

Adidas Samba Classic Indoor

Tampilan klasik, terbuat dari kulit full-grain, cushioning tambahan, dengan EVA insole yang memberikan kenyamanan ekstra. Sock liner bisa diganti sehingga tak bau, dirancang khusus indoor.

2.

Puma Evospeed Graphic 4.3

Tampilan keren, terbuat dari kulit sintetis, heel eksternal untuk membuat lari jadi stabil, ringan, sol dari karet sehingga tidak licin.

3. Nike Mercurial Victory V

Pilihan warna banyak, dari kulit sintetis, sol karet membuat traksi maksimal, adanya midsole lining membuat sepatu nyaman dipakai dalam waktu lama.

4. Nike Lunar Gato II

Berwarna biru toska yang menarik, terbuat dari kulit premium dengan jahitan silang, serta regrind karet yang membuat tendangan lebih mantap. Heel menggunakan teknologi Lunarlon sehingga lari lebih nyaman.

5.

Joma Superflex

Soleplate fleksibel, sangat nyaman dipakai, terbuat dari kulit suede microfiber sehingga lebih mencengkeram bola, dan harganya lebih terjangkau.

Ragam sepatu futsal dari Nike, Adidas, maupun Puma selalu menjadi pilihan yang berkualitas bagi Anda yang aktif melakukan olahraga ini, meski tentu saja tak menutup kemungkinan menggunakan merk lain seperti Joma. Namun yang penting, pilih sepatu yang nyaman dan pas di kaki Anda sehingga Anda bisa melakukan aktivitas dengan optimal. Usahakan untuk membeli sepatu yang asli sehingga bisa dipakai untuk waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *