Tips Membeli Perlengkapan Sepakbola untuk Kiper

Dalam permainan sepakbola umumnya terdiri dari 11 pemain dan pemain yang tak boleh dilupakan adalah kiper. Kiper juga menjadi salah satu kunci dalam berhasil atau tidaknya permainan sepakbola. Karena tugas dari kiper sendiri adalah menghalau bola yang datang sehingga gol dari tim lawan bisa dicegah. Sukses atau tidaknya kiper bukan hanya terletak pada kemampuannya dan lama berlatihnya saja. Namun juga terletak dari perlengkapan sepakbola khusus kiper yang mereka kenakan. Bagaimanakah cara memilih perlengkapan untuk kiper supaya ia bisa bekerja dengan maksimal?

Pakaian

Mungkin secara sekilas pakaian yang dikenakan oleh kiper hampir sama dengan pakaian yang dikenakan oleh pemain sepakbola lainnya. Tapi tentu saja pakaian tersebut memiliki beberapa perbedaan. Salah satu perbedaannya biasanya terdapat pada warnanya. Ada beberapa tips untuk memilih pakaian kiper. Diantaranya:

  • Pilihlah yang warnanya cukup mencolok dan terkesan berbeda dibandingkan dengan pemain. Sehingga lebih mudah untuk dibedakan.
  • Memilih pakaian kiper lengan panjang justru lebih baik dibandingkan dengan memilih pakaian kiper lengan pendek.
  • Pakaian lengan panjang dapat menghangatkan tubuh Anda. Selain itu pakaian lengan panjang juga akan memberikan perlindungan yang lebih dari cedera.

Celana

Celana adalah item yang tak boleh ketinggalan untuk dibeli. Sebab kiper tentu saja membutuhkan item yang satu ini. Pemilihan celana untuk kiper mungkin saja hampir sama dengan cara memilih celana untuk para pemain. Tetapi memilih celana kiper sebaiknya yang berbahan ringan tetapi tebal. Bahan celana yang ringan tidak akan membuat gerah dan tetap nyaman untuk dikenakan oleh kiper.

Perlengkapan

Perlengkapan sepakbola untuk kiper tentu saja lebih banyak. Ada beberapa contoh pelindung yang mesti dimiliki oleh seorang kiper. Antara lain:

  • Pelindung kepala yang memiliki fungsi untuk melindungi kepala tentunya. Memang perlengkapan yang satu ini tidak terlalu penting. Tapi akan lebih baik jika Anda mengenakannya.
  • Bantalan khusus untuk melindungi tulang ekor. Bantalan ini biasanya juga sudah menyatu dalam celana kiper.
  • Selain bantalan khusus ekor, ada beberapa bantalan lain yang sering dikenakan. Misalnya saja bantalan pada bagian pundak, siku atau bagian dada.
  • Seorang kiper juga tidak boleh melupakan untuk mengenakan pelindung lutut sebelum bertanding.
  • Kaos kaki panjang dan sarung tangan khusus juga sangat penting untuk dikenakan oleh seorang kiper.

Itulah beberapa perlengkapan pelindung yang mesti dikenakan oleh seorang kiper sepakbola yang akan bertanding.

Sepatu

Perlengkapan lain yang tidak boleh dilupakan adalah sepatu. Untuk sepatu kiper ini sebaiknya dipilih sesuai dengan keadaan lapangan yang akan digunakan untuk bertanding. Misalnya saja jika kondisi lapangan dengan tanah keras, seorang kiper disarankan untuk mengenakan sepatu dengan pull yang kecil dan pendek. Begitu juga sebaliknya, jika kondisi tanah empuk sebaiknya kenakan saja pull yang besar. Usahakan pull sepatu terbuat dari bahan karet sehingga tetap nyaman ketika digunakan untuk berpijak. Ada banyak merk sepatu kiper yang mungkin bisa Anda jumpai. Seperti Nike, Adidas, Specs dan merk-merk terkenal lainnya.

Mengenakan aneka perlengkapan sepakbola khusus kiper memang sangat penting. Selain untuk keamanan ketika bertanding, tentu saja kenyamanan juga sangat perlu. Jika Anda ingin memiliki aneka perlengkapan kiper diatas, membeli secara online sangatlah disarankan. Karena membeli secara online jauh lebih lengkap dibandingkan ketika membeli di toko. Jadi ayo segera lengkapi perlengkapan kiper Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *