Macam-macam Perlengkapan Futsal dan Cara Merawatnya

perlengkapan futsalFutsal merupakan bidang olahraga yang serupa dengan sepak bola, hingga disebut dengan mini sepak bola. Olahraga satu ini terbilang cukup banyak diminati oleh kawula remaja hingga orang dewasa yang turut bertanding antar klub. Prosesi pertandingan tersebut umumnya dilangsungkan di gedung khusus futsal. Telah terlengkapi pula perlengkapan futsal yang dibutuhkan oleh para pemain futsal yang ada. Seperti contohnya dengan lapangan futsal dengan skala yang pas, jaring gawang, bola dan lainnya. Sedangkan perlengkapan yang disediakan oleh pemain meliputi kostum, sepatu futsal dan lain-lainnya.

Kostum

Seragam futsal yang dikenakan oleh para pemain seringkali kompak atau seragaman. Tak jarang pula yang menambahkan nama sekaligus identitas lain pada bagian punggung. Selain semakin kompak, penggunaan kostum menjadikan antar pemain lebih mudah mengenali lawan ataupun rekan. Dari masing-masing kelompok futsal ada pula yang memiliki kostum lebih dari satu sebagai seragam ganti bilamana mengikuti pertandingan secara rutin. Adapun kaos seragam futsal bersangkutan perlu dirawat agar tidak menimbulkan bau maupun terlihat kusut. Bentuk perawatan bersangkutan meliputi:

  • Rendam terlebih dahulu sebelum dicuci.
  • Gunakan pewangi dan rendam secukupnya.
  • Jemur di area panas yang sedang-sedang saja.
  • Atur suhu panas setrika yang pas agar terpantau secara sempurna.

Sepatu Futsal

Sepatu untuk olahraga futsal bukanlah sepatu sembarangan, sebab ada kriteria khusus untuk sepatu sport. Telah ada banyak model sepatu khusus untuk futsal yang nantinya dapat disesuaikan dengan ukuran sekaligus kenyamanan pemakai. Adapun dalam pemilihan sepatu ini sebaiknya dengan mencoba secara langsung untuk digunakan pada kedua kaki dan digerakkan untuk berjalan. Nantinya akan terasa pas dan tidaknya atas sepatu bersangkutan. Selain itu, pilihan atas kualitas ori pun dapat diupayakan, karena ada sepatu kualitas asli ada pula yang palsu atau kw.

Perawatan Sepatu Futsal

Sepatu futsal membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah bau maupun rusak. Beberapa bentuk treatment untuk perlengkapan futsal satu ini ialah sebagai berikut:

  • Hindari peletakan kaos kaki di dalam sepatu karena memicu adanya bau, bakteri serta jamur pada sepatu. Akibatnya sepatu pun menimbulkan bau tak sedap serta menjadikan pemakaian sepatu kurang nyaman.
  • Bersihkan sepatu sebelum digunakan maupun sesudahnya, barangkali ada benda-benda tertempel pada bagian sepatu bersangkutan.
  • Cuci sepatu dengan air hangat secara manual yakni dengan tangan. Gunakan sikat untuk menyikat secukupnya saja.
  • Hindari penjemuran sepatu dengan mesin pengering karena dapat merusak sepatu itu sendiri.
  • Simpan di tempat yang tidak lembab dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Gunakan karet penghapus untuk membersihkan sepatu dari debu maupun coret lain yang tertempel pada alas kaki bersangkutan.

Handuk Kecil

Handuk mini merupakan kain yang tepat untuk mengusap sekaligus membersihkan keringat selepas bermain futsal. Handuk tersebut pun bisa dipilih yang mempunyai tekstur lembut dan nyaman untuk digunakan. Dalam perawatannya, pemain bisa menggunakan handuk sekali pakai saja agar keringat dan bakteri tak menumpuk pada handuk yang membuat proses pencuciannya semakin sulit saja.

Beberapa perlengkapan futsal secara personal tersebut sangatlah perlu diperhatikan karena turut menunjang adanya keberlangsungan permainan lebih lancar. Terlebih beberapa keperluan tersebut bersifat pokok yang harus diperhatikan. Hingga nantinya, di setiap kali bermain perlengkapan bersangkutan turut menunjang adanya kenyamanan yang ada. Dalam kelengkapan tersebut pun perlu dipilih-pilih demi kelayakan dan rasa nyaman. Kemudian diiringi dengan perawatan yang sama sekali tak seharusnya dikesampingkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *