Mencari Keuntungan Tambahan Lewat Situs Berita Bola Buatan Sendiri, Kenapa Tidak?

Di acara Piala Eropa 2016 di tahun ini, Anda bisa dengan mudah menemukan berita bola di mana-mana, mulai dari siaran televisi nasional biasa, TV kabel, koran, dan tentu saja di internet. Nah, mengingat Indonesia adalah tempat di mana banyak penggemar bola berada, pernahkah Anda berpikir untuk membuat sebuah situs khusus yang berisi berita-berita terbaru soal sepakbola ini?

Tentu saja, Anda tak akan bisa bersaing dengan situs-situs sepakbola yang besar sekarang ini. Untuk itulah, sebaiknya Anda memulainya dari level yang rendah dulu dan mencari suatu celah yang unik, yang masih belum banyak diliput ataupun dibahas oleh mayoritas pecinta bola, baik nasional ataupun internasional. Atau selain blog, Anda juga bisa mengeksplor pilihan lainnya seperti media sosial.

Namun yang jelas, jika Anda bertekad untuk bisa mencari penghasilan tambahan dari membahas berita bola yang terbaru sekarang ini, Anda tetap perlu kerja keras. Beberapa konsep yang perlu Anda pikirkan adalah:

  • Tentang isi dari situs atau blog tersebut – apakah Anda akan memuat tentang berita-berita terbaru saja, atau membahas secara detail? Pilihan pertama berarti Anda harus sangat rajin meng-update berita tapi hanya perlu waktu pendek, sementara pilihan kedua berarti Anda harus menulis lebih dalam.
  • Tujuan menulis – untuk apa dan siapa Anda menulis tersebut? Lebih baik jika Anda menulis untuk diri Anda sendiri dulu sehingga terasa lebih personal dan menarik untuk dibaca dibandingkan dengan sekedar berita yang sudah dimuat dimana-mana.
  • Presentasi – bagaimana Anda akan menunjukkan hasil karya Anda tersebut? Cukup dengan tulisan saja? Ataukah ada podcast maupun video?
  • Niche – seperti yang sudah disebutkan di atas, akan lebih baik jika Anda menemukan niche Anda sendiri tentang pembahasan sepakbola ini.

Kalau Anda bisa konsisten melakukan ini, maka pelan-pelan Anda akan melihat pemirsa Anda semakin bertumbuh. Anda bisa memulainya dari forum atau komunitas, yang kemudian dilanjutkan ke situs atau blog Anda sendiri. Selama Anda melakukannya dengan jadwal yang teratur, perlahan tapi pasti, Anda akan berkembang. Begitu sudah memiliki reputasi dan pemirsa sendiri barulah Anda bisa memulai memonetisasi ini.

Cara untuk melakukan monetisasi melalui internet dengan topik sepakbola ini sendiri bisa terdiri dari banyak hal, misalnya saja:

  • Iklan – iklan di blog atau situs Anda adalah hal yang paling jelas. Selama Anda memastikan iklan tersebut tak mengganggu pengunjung yang datang, Anda bisa mendapatkan revenue cukup lumayan.
  • Program afiliasi – Anda bisa bekerja sama dengan orang lain untuk mempromosikan produk mereka atau bahkan menjualnya di tempat Anda, lengkap dengan komisi bagi Anda sendiri.
  • Mencari sponsor – jika blog ataupun situs Anda sudah cukup dikenal, Anda bisa mencari sponsor untuk yang sesuai dengan niche blog Anda dan menawarkan mereka beriklan.
  • Merchandise buatan sendiri – atau kalau Anda mau, Anda mempunyai pilihan untuk membuat merchandise yang asli buatan Anda sendiri. Anda bisa memulainya dengan memberikan giveaway dalam jumlah terbatas, baru Anda menjualnya di situs Anda sendiri.

Dengan cara demikian, Anda tak lagi hanya menjadi konsumen pasif untuk menerima berita bola, tapi juga menjadi pemain yang aktif di dalamnya. Kalau Anda memang menyukai sepakbola, apalagi menjadi fans dari klub tertentu, kesempatan ini adalah kesempatan yang bagus untuk mencari penghasilan tambahan dari hal yang memang Anda cintai. Selama Anda mau berusaha, Anda pasti bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *